All About Technology, Computare Network and State Administration

Sabtu, 24 Desember 2016

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Layanan ISP


Pengertian ISP (Internet Service Provider)
ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider atau dalam bahasa Indonesia disebut  "Penyedia Jasa Layanan Internet" yang merupakan sebuah wadah atau organisasi yang menyediakan layanan jasa dalam mengakses internet baik untuk pribadi, perkantoran, sekolah-sekolah maupun untuk umum. Agar kita bisa mengakses internet, dibutuhkan jasa layanan ISP, dengan cara berlangganan kepada layanan penyedia jasa ISP.


Fungsi dari ISP
1. Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
2. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
3. Menghubungkan komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
4. Menyediakan perangkat modem sebagai sambungan dial-up.
5. Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
6. Memungkinkan para pengguna untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
7. Memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
8. Dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.

Jenis-jenis layanan ISP
Dial-up Connection, adalah koneksi ke jaringan internet yang memiliki sifat sementara di mana pengguna tidak terkoneksi secara terus-menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasar berapa lama waktu untuk mereka terhubung ke dalam jaringan internet. Jenis koneksi ini umum digunakan oleh pengguna yang mengakses internet melalui rumah dan umumnya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal maupun komputer milik pribadi.

Dedicated Communication, memiliki sifat yang menetap yang berarti terhubung ke dalam jaringan internet selama 24 jam dan selama 7 hari. Jenis dari koneksi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang banyak. Untuk menekan biaya internet yang begitu mahal, maka perusahaan membuat sebuah jaringan bernama LAN (Local Area Network) dan menghubungkan LAN tersebut ke dalam internet dengan melalui suatu ISP dan hanya dengan menggunakan 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam. Karena sistem ini termasuk ke dalam jangkauan yang mahal, maka biasanya ISP akan memberikan beberapa metode untuk menekan harga, misal dengan memberikan batasan jumlah yang boleh untuk diupload (diunggah) atau didownload (diunduh) oleh pelanggan selama 1 bulan.

Hotspot, merupakan jenis layanan internet tanpa menggunakan kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan ditempat-tempat tertentu seperti cafe, kantin, bandara dan tempat -tempat lainnya.

Wireless, merupakan jenis layanan internet tanpa kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon , tapi hanya dikenakan tarif atau biaya pemakaian internetnya saja.

Mobile Access, yaitu sebuah layanan untuk mengakses internet yang dapat dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui Handphone atau telepon seluler. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

Share:

Follow on Social Media

About Me

M RISKI ISKANDAR
Hanya seorang pengacara. 

Definition List

Unordered List

Support